Senin, 11 September 2017

Tips untuk Menjaga Telinga Anda Sehat

Tips untuk Menjaga Telinga Anda Sehat - Kelima indera yang kita miliki adalah bagian tubuh yang memiliki fungsi yang paling berguna dan penting, kehilangan salah satu dari lima indera dapat menghambat beberapa hal dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dari kelahiran kita berada dalam karunia dua telinga yang bekerja untuk alat bantu dengar, namun seiring berlalunya waktu, organ tubuh pasti akan mengalami fungsi dan mengurangi penampilannya.

Namun, itu tidak berarti kita tidak bisa menjaga fungsi telinga meski kita lebih tua. Usia sebenarnya tidak menghalangi kita untuk memiliki organ sehat dan tetap berfungsi normal, perhatian kita terhadap bagian tubuh sangat diperlukan jika kita ingin memiliki anggota badan yang tetap sehat.

Menjaga kesehatan telinga lebih awal benar-benar hal yang tepat untuk dilakukan, tidak hanya telinga, semua organ penting dalam tubuh kita harus memperhatikan kesehatan agar terhindar dari beberapa masalah kesehatan yang menghambat aktivitas kita sehari-hari.

Baca juga : Khitan Pekanbaru
Kesehatan Telinga Kita
Telinga kita 


Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan agar telinga tetap sehat.


1. Jangan mendengarkan suara nyaring


Suara keras yang mengelilingi kita beragam, mulai dari suara mesin, musik dan sebagainya. Jika Anda mencoba menghindari dan menjauh saat berada di tempat yang memiliki suara kuat dan sebisa mungkin kurangi kebiasaan mendengarkan musik menggunakan headphone, volume musik yang terlalu keras bisa merusak pendengaran Anda.


2. Jaga agar telinga tetap kering



Bagi Anda yang menyukai olahraga renang Anda harus mempertimbangkan keadaan telinga setelah melakukan aktivitas ini, keringkan telinga sisa air yang masuk air ear.pasalnya yang terjebak di telinga, jika Anda tidak mengendalikan diri. akan menjadi tempat berkembang biak bakteri. Bakteri berkembang dan bisa menyebabkan iritasi dan infeksi.

Atau untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan penutup mulut saat berenang, yaitu untuk menghindari air yang masuk ke telinga Anda. Dan jika saat Anda merasa ada air yang masuk ke telinga, maka Anda harus segera menarik telinga, baik dengan memiringkan kepala atau menarik air keluar dengan meneteskan air di telinga Anda.


3. Perhatikan kebersihan telinga



Menjaga kebersihan telinga adalah hal yang wajib dilakukan, orang menggunakan kapas untuk membersihkan lilin telinga, namun sayangnya menggunakan benda itu tidak baik untuk kesehatan telinga. Saat Anda memasukkan cotton bud ke telinga, maka kotoran di dalam telinga didorong lebih dalam dan bisa merusak gendang telinga. Untuk menjaga kebersihan telinga benar-benar tidak sulit, karena telinga bisa dibersihkan dengan wax yang terkandung di dalamnya, cairan ini berfungsi untuk menjauhkan telinga dari kotoran yang masuk ke telinga, Anda bisa menggunakan kain lembut untuk mengelap area sekitar. telinga dan tetap jaga agar tetap bersih.


4. Lakukan Pemeriksaan Mulut


Selain ketiga bentuk sebelumnya, melakukan pemeriksaan rutin ke dokter juga harus dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan pendengaran kita. Apalagi bagi anda yang telah datang usia, pada usia tersebut biasanya telinga sering mengalami gangguan pendengaran.

Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan telinga yang progresif, sehingga kemungkinan kelainan telinga pendengaran Anda bisa diketahui, dan bila terjadi penumpukan kotoran pada dokter akan disarankan untuk membersihkannya.

0 komentar:

Posting Komentar